Fadhilah Surat Al-Insyirah


Penjelasan singkat Surat Al-Insyirah
Surat Al-Insyirah dalam Al-quran yang artinya “Kelapangan”  adalah surah ke-94 dalam Al-Quran Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surat-surat “Makiyah” dan juga diturunkan sesudah surat Ad-Duha. Penegasan tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada Nabi Muhamad SAW dan pernyataan Allah bahwa disamping kesulitan ada kemudahan oleh karena itu diperintahkan kepada Nabi agar tetap beramal saleh dan bertawakal.

Surah Al insyarah secara tidak langsung mengajarkan kita tentang konsep kehidupan Yassiru wa La Tuassiru (mempermudah suatu keadaan bukan mempersulit). serta  Prinsip istiqomah yang mengajarkan kepada kita untuk tidak menunda-nunda suatu pekerjaan untuk menjadi lebih baik. Prinsip istiqomah ini tidak hanya diterapkan untuk surat Al Insyirah saja. Melainkan pada setiap langkah hidup kita, terutama dalam hal kebaikan.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda : "Barangsiapa membaca surah Alam Nasyrah, seperti ia mendatangi aku dan aku mengambil kesempatan maka menjadi suatu kelapangan daripadaku".

Manfaat Lain Surat Al-Insyiraah Bagi Yang Mengamalkannya 
1.       Siapa yang membacanya niscaya Allah melapangkan dadanya serta dijauhkan daripada segala kesukaran dalam segala urusannya. Dihilangkan segala sifatkesal dan jemu, serta  rajin dalam mengerjakan ibadat.

2.    Barang siapa yang membiasakan membaca surat Alam Nasyroh setelah mengerjakan sholat fardlu, Allah akan memudahkan urusan serta dimudahkan segala keperluannya dan dimudahkan rizkinya dengan tidak terduga. Pikiran kita akan terbuka dan dijauhkan dari kesukaran, dihilangkan dari sifat malas, kesal, jenuh dan jemu.

3.    Jika dibaca 9 kali sehabis sholat fardlu, Insya Allah dijauhkan darinya kesempitan dan dimudahkan rizkinya dalam segala urusan.

4.    Bila Surah Al-Insyiraah dibaca sebanyak 40 kali pada tiap-tiap lepas sholat fardhu selama tujuh hari berturut-turut, Allah SWT akan membuka pintu rezekinya dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Manfaat lain surat ini bila membaca Surah Al-Insyiraah 200 kali pada tiap hari ketika matahari naik (waktu dhuha), Allah SWT akan memperlihatkan kepadanya perkara-perkara yang gaib. 

5.    Barang siapa membaca surat Alam Nasyroh sebanyak 41 kali seama 7 hari berturut-turut tanpa putus yang dimulai hari Ahad (Minggu) sampai dengan hari sabtu, maka Insya Allah, dengan izin Allah SWT ia akan diberi kecukupan rizqi, diberi kekayaan hati, dan diberikan rizqi yang sangat luas dengan jalan tidak terduga. 

6.    Bila anda mempunyai suatu Hajat kepada Allah SWT baik soal Rizqi, mencari pekerjaan yang cocok, dimudahkan mendapatkan jodoh yang terbaik, Dapat Menyelesaikan masalah maka bacalah surat Alam Nasyroh sebanyak bilangan jumlah hurufnya yaitu 101 kali setiap malam setelah shalat Tahajud ataupun Hajat selama 7 hari berturut-turut tanpa putus, Caranya : Setelah sholat Hajat 2 Rakaat, lalu membaca istighfar 100 kali dan shelawat 100 kali, kemudian bacalah surat Alam Nasyroh 101 kali kali, lalu memohon Hajatnya, Insya Allah akan tercapai, Bila sangat penting usahakan dengan berpuasa Hajat pada siang harinya, agar lebih maqbul.

7.       Siapa pun yang ingin berhajat sesuatu yang besar, misalnya ingin jadi Kepala Desa, Bupati atau ingin meraih jabatan apapun, baca Surah Al-Insyiraah 700 kali atau 1000 kali setiap hari, maka hajatnya akan sukses dan ia akan mendapatkan apa yang diinginkan.

8.       Bila ada orang yang merasa sedih karena kehilangan kekasih atau ditinggal mati orang-orang terdekatnya, maka cara menyembuhkannya sebagai berikut: tulis Surah Al-Insyiraah pada piring masukkan air mawar kemudian minumkan padanya.


9.   Surah Al-Insyiraah juga bisa menjadi benteng pertahanan dari sakit-sakitan dengan cara sebagai berikut: Ambillah seurat benang dari kulit kayu dan bacakan Surah Al-Insyiraah. Tiap-tiap membaca huruf “Kaf”, simpulkan benang itu sekali, hingga tujuh kali simpul saja kemudian hentikan. Ikatkan benang itu ke tangan orang yang sakit-sakitan pada pergelangannya di sebelah kiri. Jika surah Al-Insyirah sebanyak 33 kali pada air putih, lalu air tersebut diminumkan sebanyak 2 kali sehari maka, penyakit polip, sinusitis, dan batuk akibat asap rokok kita akan sembuh.

0 Response to "Fadhilah Surat Al-Insyirah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel